Kamis, 07 Januari 2021 - 22:25:52 WIB
PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM MELALUI KEUNGGULAN BERSAING (Survei pada UMKM Pusat Jajanan Tradisional di Kota Solo)
disusun oleh : MARJAM DESMA RAHADHINI
Kategori: Jurnal Nasional - Dibaca: 2 kali
Unduh Dokumen
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing adalah aktivitas memproduksi, memasarkan, dan menyerahkan produk. Orientasi pasar diharapkan mempunyai komitmen untuk terus berkreasi dalam menciptakan nilai unggul bagi konsumen, sehingga orientasi pasar berperan penting bagi UMKM usaha kuliner sebagai suatu proses dan aktivitas yang berhubungan dengan penciptaan dan pemuasan konsumen. Penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi penelitian adalah UMKM kuliner yang ada di pusat jajanan Kota Solo. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik sampling dengan metode purposive sampling, yaitu UMKM yang ada di Galabo, Jagalan dan Manahan. Sampel ditentukan sebanyak 67 responden. Pengujian validitas menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), dan Cronbach’s Alpha untuk pengujian reliabilitas. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Orientasi pasar efektif untuk mendapatkan dan mempertahankan keunggulan bersaing dimulai dari perencanaan dan koordinasi dengan semua bagian untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga orientasi pasar akan meningkatkan kinerja pemasaran bagi UMKM.
Kata kunci: orientasi pasar, keunggulan bersaing, dan kinerja pemasaran