Selasa, 31 Mei 2022 - 08:01:33 WIB
OPTIMALISASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA INGGRIS PERHOTELAN SMK MELALUI PEMAHAMAN PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERBASIS CRITICAL PEDAGOGY
disusun oleh : IMROATUL MAFIYAH
Kategori: Jurnal Nasional Terakreditasi - Dibaca: 2 kali
Unduh Dokumen
Abstrak :
Abstract
This activity aimed at providing an understanding of critical pedagogy materials’ development to maximize hospitality English teachers’ professional competence in Vocational secondary schools. It must be done because of the problems encountered in English learning including: the less of relevant English materials connected to students’ needs; and different perceptions of teachers’ about what should be taught in Hospitality program of vocational secondary schools. Overcoming those problems, some activities have been carried out in form of knowledge sharing, practical implementation assistance and reflective evaluation through collaborative discussion. The selection of critical pedagogy framework as the basis of material development believed capable to correlate the theory and practices as an effort to empower people in the social environment. Thus, from that critical pedagogy material then the students’ are encouraged to quickly adapt and become critical thinkers.
Keywords: teaching materials, teacher’s professional competence, Vocational Secondary Schools
Abstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pengembangan materi ajar berbasis critical pedagogy dalam memaksimalkan kompetensi profesional guru Bahasa inggris Sekolah Menengah Keguruan (SMK). Ini perlu dilakukan dikarenakan beberapa masalah yang dihadapi dalam praktik pembelajaran, diantaranya: materi Bahasa inggris yang kurang relevan terkait dengan kebutuhan siswa program perhotelan; dan perbedaan persepsi guru terkait materi apa yang akan diajarkan di jurusan perhotelan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, beberapa kegiatan telah dilakukan seperti sharing knowledge, pendampingan penyusunan dan implementasi materi dan diskusi kolaboratif sebagai langkah evaluasi dan refleksi. Pemilihan pendekatan critcal pedagogy sebagai dasar pengembangan materi ajar diyakini mampu mengaitkan teori dan praktik sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di lingkungan sosial. Dari materi berbasis critical pedagogy tersebut kemudian siswa terdorong untuk beradaptasi dengan cepat dan berpikir kritis.
Kata kunci: materi ajar, kompetensi profesional guru, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)