Senin, 14 Desember 2020 - 14:27:07 WIB
Pengaruh Word Of Mouth (WOM), Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan
disusun oleh : ANDRI ASTUTI ITASARI
Kategori: Jurnal Nasional Terakreditasi - Dibaca: 2 kali

Unduh Dokumen

Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh word of mouth, electronic word of mouth dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di desa wisata Sidowayah, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif yaitu menjelaskan generalisasi sampel terhadap populasinya, serta untuk mengetahui hubungan atau pengaruh variabel satu dengan variabel yang lainnya.

Metode yang digunakan yaitu penelitian survei. Populasi penelitian merupakan responden yang berkunjung di desa wisata, Sidowayah, Klaten, sedangkan teknik pengambilan sampel secara nonprobabilitas dengan menggunakan accidental sampling atau convinance sampling dengan total 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai data primer dan data sekunder didapatkan dari data arsip dan dokumen. Menguji Validitas Data menggunakan Uji Product Moment dan Uji Reliabilitas Data menggunakan Uji Cronbach Alpha. Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara uji serentak yaitu word of mouth, electronic word of mouth dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di desa wisata Sidowayah, Klaten. Sedangkan secara individual dengan menggunakan uji parsial menunjukkan bahwa variabel word of mouth, electronic word of mouth dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dengan masing masing nilai probabilitas sebesar 0,005 (p<0,05), 0,001 (p<0,05 dan 0,000 (p<0,05).

Kata Kunci : Word Of Mouth, E-Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Desa Wisata Sidowayah, Klaten.


PENCARIAN