Kamis, 06 April 2023 - 13:21:59 WIB
PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DAN AKUNTANSI UNTUK PETANI DURIAN DESA GENENGAN KECAMATAN JUMANTONO KARANGANYA
disusun oleh : SUHARNO
Kategori: Jurnal Nasional - Dibaca: 2 kali

Unduh Dokumen

Abstrak :Abstrak
Permasalahan yang sering muncul yang di alami oleh petani durian adalah ketika
panen durian tiba denga hasil yang melimpah, tetapi belum tahu bagaimana cara
memasarkannya dengan cara yang baik dan benar. Setelah hasil panen durian dapat di
jual kepada pelanggan, masalah berikutnya yang muncul adalah bagaimana cara
mengelola keuangan yang baik. Di era yang penuh dengan kompetisi yang luar biasa di
perlukan kemampuan ungtuk memasarkan produk dengan cara yang cepat untuk
memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Digital marketing merupakan salah satu
model pemasaran yang banyak di terapkan berbagai perusahaan, hal tersebut dilakukan
dengan tujuan menggaet pelanggan sebanyak mungkin dalam rangka untuk
meningkatkan sales atau nilai penjualan. Selanjutnya, jika kemudian aplikasi digital
marketing berhasil tentu akan meningkatkan sales atau penjualan, dengan naiknya nilai
penjualan maka petani durian otomatis akan meningkatkan tingkat pendapatannya.
Semua transaksi harius tercatat dengan baik di buku lapran keuangan, ninimal pada
bagian clash flow atau alur kemasuk keluar daari kas. Tujuan di dalam pengabdian pada
masyarakat ini adalah memberikan pelatihan digital marketing dan akuntansi sederhana
untuk petani durian. Hasilnya adalah dengan memberikan pelatihan digital marketing
dengan menggunakan Hand Pone (HP) berbasis android diharapkan dapat meningkatkan
sales atau penjualan durian para petani durian. Selanjutnya dilakukan pelatihan
penyusunan dan pembuatan akuntansi sederhana untuk melaporkan hasil penjualan
durian para petani durian. Langkah selanjutnya di dalam pengabdian pada masyarakat di
desa Genengan Jumantono ini adalah meningkatkan literasi keuangan dan petani durian
melakukan inovasi produk durian, sehingga dengan adanya inovasi produk akan semakin
meningkat minat masyarakat utuk berbelanja varian produk durian.
Kata kunci : Manajemen pemasaran, , Cashflow, Akuntansi, Digital marketing
PENCARIAN