Beranda » »

Minggu, 03 Jul 2022 - 20:39:48 WIB
Bukti Korespondensi artikel PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VI DITINJAU DARI PRESTASI AKADEMIK
Diposting oleh : JUMANTO
Kategori: DOKUMEN LAIN - Dibaca: 2 kali

Buka Dokumen Lengkap disini
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir
kreatif peserta didik kelas VI SD Negeri Gandekan No 230 Surakarta
yang memiliki prestasi akademik di bawah rata-rata dan di atas rata-rata.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan
cara observasi, wawancara, dan tes. Sampel penelitian berjumlah 34
peserta didik. Untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kreatif
peserta didik, penelitian ini menggunakan analisis diskriptif. Sedangkan
untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara peserta
didik yang memiliki prestasi akademik di atas dan di bawah rata-rata,
menggunakan analisis T-Test independen. Hasil penelitian menunjukan
bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam kategori baik
(71,38). Dengan perincian sebagai berikut: indikator fluency dalam
kategori baik (78), flexibility dalam kategori baik (75,5), originality dalam
kategori baik (73) dan elaboration dalam kategori cukup (61). Nilai T-Test
adalah sig.0,52>0,05 yang artinya kemampuan berpikir kreatif antara
peserta didik berprestasi akademik atas dan bawah dianggap tidak
memiliki perbedaan yang signifikan.

PENCARIAN